Sistem Komputer

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan satu dengan yang lain dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi yang sesuai dengan yang diperlukan.

Berikut ini gambaran tentang sistem komputer:

Sistem Komputer
image: https://mhs.blog.ui.ac.id

Untuk mengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan satu dengan lain, yang membentuk satu kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Tanpa hardware seorang brainware tidak akan bisa mengolah data, demikian sebaliknya. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa adanya software, demikian juga sebaliknya.

Hardware adalah perangkat keras komputer yang secara fisik dapat terlihat dan dipegang dan berfungsi sebagai pendukung dalam proses komputerisasi.

Komponen utama hardware yaitu Monitor, CPU (Central Processing Unit), Keyboard dan Mouse. Untuk CPU bagian-bagian utamanya diantaranya:

  • Motherboard
  • Prosesor
  • Hardisk
  • Kartu RAM (Random Access Memory)
  • Unit Serial Bus
  • Power Supply

Untuk komponen pendukung yang disebut juga yaitu printer, sound system,

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
  1. Input Device (unit masukan)
  2. Process Device (unit pemrosesan)
  3. Output Device (unit keluaran)
Software adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai driver untuk menjalankan fungsi dari sebuah hardware yang diperintahkan oleh brainware.

(78)

Komentar

komentar