Pengertian Media Pembelajaran

Kata media merupakan bentuk jamak dari kata medium dan berasal dari bahasa Latin yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima (Heinich et.al., 2002).

Proses pembelajaran memiliki lima komponen yang saling menunjang, lima komponen tersebut yaitu komunikasi guru, bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa, dan tujuan pembelajaran.

Dalam lima komponen tersebut ada satu komponen yang sangat menunjang dalam kegiatan pembelajaran yang membantu guru menyampaikan materi pelajarannya yaitu media pembelajaran.

Apa itu Media Pembelajaran

Media Pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan.

Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

  • Gagne dalam Yusufhadi Miarso (2007: 457) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa/mahasiswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
  • Briggs dalam Yusufhadi Miarso (2007:457) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah sarana untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya proses belajar terjadi.
  • Sri Anitah (2008: 2) mendefinisikan media pembelajaran adalah setiap orang, bahan, alat, atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan peserta didik menerima pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Media pembelajaran yang baik adalah media yang dipilih dan digunakan dengan menyesuaikan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.

Referensi:

  • Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
  • Milawati. 2021. PENGERTIAN, FUNGSI DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN – Media Pembelajaran. Tahta Media Group
  • HAKIKAT, FUNGSI, MANFAAT MEDIA DAN SUMBER BELAJAR. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/29291/mod_resource/content/5/Hakikat%2C%20Fungsi%20dan%20Manfaat%20Media.pdf

You may also like...