Mengenal apa itu Xampp

Assalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang apa itu Xampp.
Apa itu Xampp ? Xampp itu kepanjangan dari

(X ) Maksudnya program XAMPP dapat dijalankan alias kompatibel di berbagai sistem operas seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
(A) adalah kepanjangan dari APACHE.
(M) adalah singkatan dari program MySQL.
(P )pertama adalah kepanjangan dari PHP.
(P)terkahir adalah kepanjangan dari Perl.
XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Jadi gausah ribet – ribet lagi install satu-satu paket Apache, PHP, MySQL dan juga kita tidak usah ribet meng konfigurasinya . Kelebihan nya adalah Xampp akan menginstal dan meng konfigurasi kan nya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi, untuk versi XAMPP yang ada saat ini adalah Versi 1.4.14 atau yang terbarunya anda bisa download pada Link yang akan saya sertakan di akhir artikel ini nanti.

Seperti singkatannya Xampp ini terdiri atas .
• Apache
• MySQL
• PHP
• phpMyAdmin

Untuk mengenalnya Mari kita simak sedikit ulasan nya Sebagai berikut :
1. Mengenal APACHE
Apache sudah berkembang sejak versi pertamanya . Apache bersifat open source, yang artinya setiap orang boleh menggunakannya, mengambil dan bahkan mengubah kode programnya.
Tugas utama apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada peminta, berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.

2. Mengenal PHP
PHP atau bias kita sebut ( Haypertext Preprocessor ) . PHP merupakan bahasa pemrograman untuk mebuat web yang bersifat server-side scripting. System kerja dari program ini adalah sebagai Interpreater bukan sebagai Compiler.
Perbedaan Interpreater dan Compiler yaitu :
• Bahasa Compiler adalah bahasa yang akan mengubah script-script program Sourch code, sementara
• Bahasa interpreater , pada bahasa interpreater Script mentahannya tidak harus di ubah ke dalam bentuk Sourch kode.
Kelebihan nya adalah PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis dan powrfull.
Seperti pernah disinggung sebelumnya bahwa PHP dapat memanfaatkan database untuk menghasilkan halaman web yang dinamis. Sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL. Namun PHP juga mendukung system manajemen Database Oracle, Microsoft Acces, Interbase, d-Base, PostgreSQL dan sebagainya.
Hingga kini PHP sudah berkembang hingga versi ke 5. PHP 5 mendukung penuh Object Oriented Programing(OOP), integrasi XML, mendukung semua ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP dan REST, serta ratusan peningkatan kemampuan lainnya dibandingkan versi sebelumnya. Sama dengan web server lainnya PHP juga bersifat open source sehingga setiap orang dapat menggunakannya dengan gratis.

3. Mengenal MySQL
MySQL merupakan database yang paling digemari dikalang Programmer Web, dengan alasan bahwa program ini merupakan databash yang sangat kuat dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari (Structured Query Language) . MySQL dibuat dan dikembangkan oleh MySQL AB yang berada di Swedia, MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database yang ada di dalamnya. Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database.

4. Mengenal PHPMyAdmin
PhpMyAdmin merupakan sebuah program bebas yang berbasis web yang di buat menggunakan aplikasi PHP, tujuan di buat program ini adalah untuk mengakses databash MYSQL , intinya adalah digunakan untuk menjadi Administrator dari Server MySql, Dengan phpMyAdmin kita dapat membuat tabel, mengisi data dan lain-lain dengan mudah tanpa harus hafal perintahnya[1]
OK trimakasih sudah mau menyimak, Cukup sekian dulu sedikit ulasan tentang Xampp dari saya semoga bermanfaat .

Wassalmualaikum wr.wb

 

Refisi :[1]wikkipedia

Anda bisa mendownload versi Xampp terbaru di link Ini : https://www.apachefriends.org/download.html

 

(229)

Komentar

komentar

One thought on “Mengenal apa itu Xampp

Leave a Reply