Mail Transfer Agent (MTA)

Mail Transfer Agent (MTA) atau lebih dikenal dengan mail server merupakan salah satu komponen penting pada server Internet. Sebuah Mail Transfer Agent (MTA) mentransfer pesan email antara host dengan menggunakan SMTP. Sebuah pesan mungkin melibatkan beberapa MTA ketika bergerak ke tujuan yang dimaksud.

Membangun MTA ini agak sulit dan harus teliti karena pengiriman pesan antara mesin mungkin tampak agak mudah, seluruh proses memutuskan apakah suatu MTA tertentu dapat atau harus menerima pesan untuk pengiriman cukup rumit. Selain itu, karena masalah dari spam, penggunaan MTA tertentu biasanya dibatasi oleh konfigurasi MTA atau konfigurasi akses untuk jaringan di mana MTA berada.

Banyak program email client yang modern dapat bertindak sebagai MTA saat mengirim email. Namun, tindakan ini tidak harus bingung dengan peran MTA sejati. Satu-satunya alasan email program klien mampu mengirimkan email seperti MTA adalah karena host menjalankan aplikasi tidak memiliki nya MTA sendiri. Hal ini terutama berlaku untuk program klien email non-UNIX berbasis sistem operasi. Namun, program ini, klien hanya mengirim pesan keluar ke MTA, mereka berwenang untuk menggunakan dan tidak secara langsung menyampaikan pesan ke server email penerima dimaksudkan itu.

Sejak Red Hat Enterprise Linux menginstal dua MTA, Sendmail dan Postfix, program client email sering tidak diwajibkan untuk bertindak sebagai MTA. Red Hat Enterprise Linux juga mencakup tujuan khusus MTA disebut Fetchmail.

 

Sumber:
http://www.centos.org/docs/4/4.5/Reference_Guide/s2-email-types-mta.html

(23)

Komentar

komentar