Li-Fi Akan Segera Hadir Menggantikan Wi-fi

images: iphonedigital.es
images: iphonedigital.es

Perkembangan teknologi dalam hal jaringan membuat para ahli berinovasi. Baru-baru ini telah ada klaim adanya teknologi yang akan memberikan kecepatan internet super cepat, yang akan segera menggantikan koneksi Wi-Fi. Teknologi baru yang disebut Li-Fi akan memberikan kecepatan hingga 100 kali lebih cepat, singkatan dari “Light Fidelity” yang mengirimkan informasi secara nirkabel melalui cahaya tampak.

Teknologi baru ini di persembahkan pada acara Mobile World Congress, yang diprakasai oleh perusahan mobile terbesar, oleh startup Oledcomm Perancis dan teknologi Li-Fi ini telah menarik minat dari Apple untuk diintegrasikan ke iPhone 7 mendatang.

Hal yang membuat Li-Fi begitu revolusioner adalah kecepatan yang luar biasa, hingga 100 kali lebih cepat dari Wi-Fi. Untuk menempatkan bahwa dalam perspektif, Anda bisa men-download 23 DVD hanya dalam satu detik menggunakan koneksi Li-Fi. Uji laboratorium telah menunjukkan kecepatan lebih dari 200 Gbps. Ini bisa memecahkan masalah kemacetan yang saat ini dialamin jaringan Wi-Fi.

Li-Fi bekerja dengan memanfaatkan kedipan yang tidak terlihat dari lampu LED, kedipan ini tidak terlihat karena kedipan tersebut ribuan kali per detik, sehingga terlihat tidak berkedip.

Tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan Li-Fi. Selain memiliki kelebihan juga memiliki satu kelemahan. Karena Li-Fi menggunakan cahaya tampak, perangkat Anda harus berada di ruang menyala untuk agar dapat bekerja. Sinar matahari pun dapat mengganggu cahaya buatan yang transmisi informasi. Li-Fi juga tidak bisa melewati dinding, untuk alasan yang sama bahwa cahaya dari ruang tertutup tidak menerangi setiap kamar sekitarnya.

Deepak Solanki, pendiri perusahaan Estonia Velmenni, yang menguji Li-fi di ruang industri tahun lalu, mengatakan ia percaya teknologi ini benar-benar akan mulai dikomersialkan dalam dua tahun ke depan.

(Bambang Karyadi /phys.org & www.mnn.com)

(123)

Komentar

komentar

Leave A Comment