Kapital

Menjalankan roda ekonomi tidak lepas dengan pengaruh kapital (capital) karena secara kehidupan ekonomi menjadi modal dasar. Akan tetapi, bagi tahap pemula dalam benak kita, apakah sebenarnya kapital itu?

Pengertian Kapital

Dalam bahasa latin abad pertengahan, kata kapital (capital) diartikan sebagai seekor sapi atau hewan ternak yang merupakan sumber kekayaan penting saat itu1)Mansyah, Kapital (http://sopink-umy.blogspot.com/2009/05/kapital.html), (1 Mei 2018).

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam situs onlinenya mengartikan kapital dalam dua kata dasar yaitu2)_____, Kapital (https://kbbi.web.id/kapital), (1 Mei 2018) :

  1. Kapital /ka·pi·tal/ n modal (pokok) dalam perniagaan.
  2. kapital2/ka·pi·tal/ n besar (tentang huruf seperti A, B, C, dan seterusnya);

Disini Kapital mengambil arti dalam bidang perniagaan yang berarti modal, dimana modal tersebut memiliki banyak arti yang berhubungan dengan ekonomi, finansial, dan akunting.

Mengutip id.wikipedia.org, dalam finansial dan akunting, modal biasanya menunjuk kepada kekayaan finansial, terutama dalam penggunaan awal atau menjaga kelanjutan bisnis. Awalnya, dianggap bahwa modal lainnya, misal modal fisik, dapat dicapai dengan uang atau modal finansial. Jadi di bawah kata “modal” berarti cara produksi3)_____, Modal (https://id.wikipedia.org/wiki/Modal), (1 Mei 2018).

Namun secara umum dalam pengertian ini kata kapital seakan-akan di sejajarkan dengan uang, sedangkan uang dalam pengertiannya merupakan alat untuk mengukur kekayaan dan digunakan untuk kegiatan ekonomi yaitu transaksi. Artinya terdapat pergeseran makna dari kata kapital itu sendiri yaitu, kapital menjadi modal dan selanjutnya menjadi uang. Hal tersebut terlihat mengaburkan pengertian kapital itu sendiri.

Kesimpulannya kapital yaitu sumber dasar berupa modal yang tidak hanya berbentuk dalam uang atau modal finansial, akan tetapi juga dalam wujud human capital yang mengelola dan menggunakan modal.

Fungsi Kaptil

Fungsi kapital yaitu untuk menaikan produtifitas. Dalam hal ini kapital itu tidak hanya berwujud pabrik-pabrik dan perlengkapan lainya, tetapi juga berwujud “human capital“. Keadaan kapital di negara berkembang relative langka. Hal ini disebabkan oleh akumulasi kapital di negara-negara tersebut sedikit4)Budi Raharjo, Kurniawan, Kapital (https://kurniawanbudi04.wordpress.com/2013/01/18/kapital-makalah-ekonomi-pembangunan/), (1 Mei 2018).

______

Image : www.gallantho.com

(18)

Komentar

komentar

Sumber Tulisan   [ + ]

1. Mansyah, Kapital (http://sopink-umy.blogspot.com/2009/05/kapital.html), (1 Mei 2018)
2. _____, Kapital (https://kbbi.web.id/kapital), (1 Mei 2018)
3. _____, Modal (https://id.wikipedia.org/wiki/Modal), (1 Mei 2018)
4. Budi Raharjo, Kurniawan, Kapital (https://kurniawanbudi04.wordpress.com/2013/01/18/kapital-makalah-ekonomi-pembangunan/), (1 Mei 2018)

Leave A Comment