KAI Siapkan Fitur Ubah dan Batalkan Perjalanan

PT KAI (Persero) sejak Oktober 2018 merilis fitur di KAI Access yang bisa digunakan untuk mengubah jadwal dan pembatalan perjalanan guna memudahkan calon penumpang melakukan perubahan rencana sesuai yang diinginkan.

“Hal ini dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa kereta api melalui aplikasi KAI Access. Dengan layanan itu maka calon penumpang tanpa harus antre di loket melakukan pembatalan perjalanan,” kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Edy Kuswoyo di Jakarta, Jumat (21/12).

Dia mengatakan hal itu menanggapi adanya pemberitaan konsumen mengeluhkan layanan pembatalan tiket KAI. Dalam pemberitaan tersebut disampaikan jika PT KAI selama ini sudah memudahkan konsumennya untuk memesan tiket secara daring sehingga bebas calo.

Fitur itu sangat membantu konsumen yang tak punya waktu untuk ke stasiun beli tiket, namun tidak memudahkan pelanggan ketika hendak membatalkan perjalanan karena harus dilakukan secara manual atau offline di sejumlah stasiun yang ditunjuk.

Edy mengatakan, selain sudah merilis fitur ubah jadwal dan pembatalan perjalanan. PT KAI akan segera menyusul fitur pemesanan tiket KA lokal yang pembayarannya dilakukan menggunakan e-wallet.

Untuk tahap pertama, fitur pemesanan tiket KA lokal hanya berlaku untuk KA lokal Bandung Raya. Selanjutnya, secara bertahap sistem akan dibangun sehingga tiket sejumlah kereta api lokal lain di berbagai daerah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access sehingga penumpang tidak perlu lagi untuk antre di loket stasiun.

Adapun cara menggunakan aplikasi KAI Access untuk pembatalan tiket adalah

  1. Tambah Trip Tekan tombol + pada halaman My Trip
  2. Cari E-Ticket Cari kode pemesanan atau kode bayar yang sudah dipesan melalui chanel pemesanan lain (tiket yang dibeli melalui chanel eksternal dapat juga melalui fitur pembatalan, ubah jadwal dan e-boarding KAI Access, dengan syarat akun KAI Access yang telah terintegrasi harus sama dengan nomor Identitas dalam tiket)
  3. My Trips Pada menu My Trips kemudian pilih kode booking yang
    akan dibatalkan
  4. Pembatalan Pada menu E-Ticket pilih Pembatalan (Tombol
    pembatalan hanya muncul jika kode booking berstatus lunas/paid dan maksimal 24 jam sebelum keberangkatan KA.

“Pada dasarnya, PT KAI selalu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada
pelanggan, karena pelanggan adalah prioritas kami. Itu sebabnya, PT KAI
memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan melalui inovasi-inovasi yang ada,” kata Edy Kuswoyo. (OL-3 – mediaindonesia.com)

(35)

Komentar

komentar

Leave A Comment