Hindari Berlebihan Konsumsi 5 Asupan Ini Saat Perut Sedang Kosong

image: temancantik.com

Saat perut sedang kosong, ada beberapa jenis asupan yang sebaiknya tak dikonsumsi secara berlebihan. Karena kandungan yang dimilikinya, asupan-asupan ini dianggap dapat mengganggu sistem pencernaan.

Seperti dikutip dari Times of India, kondisi yang biasanya muncul jika Anda mengonsumsi asupan ini dalam keadaan perut kosong adalah berupa nyeri perut atau muncul efek mual. Nah, berikut 5 daftar asupan yang sebaiknya tak dikonsumsi secara berlebihan saat perut kosong:

1. Yoghurt dan produk susu fermentasi lainnya

Mengonsumsi yoghurt atau produk susu fermentasi pada saat perut kosong disebut-sebut dapat membentuk produksi asam klorida. Asam ini kemudian dapat membunuh bakteri asam laktat yang ada dalam produk susu tersebut dan menyebabkan keasaman. Kondisi asam yang berlebihan pun tak dianjurkan jika perut sedang kosong, karena mengganggu sistem pencernaan.

2. Pisang

Buah ini merupakan salah satu asupan yang membuat Anda kenyang lebih lama dan baik untuk pencernaan. Namun sebaiknya hindari mengonsumsinya terlalu banyak dalam kondisi perut kosong ya. Disebutkan bahwa pisang mengandung magnesium dan kalium dalam jumlah tinggi, yang apabila dikonsumsi dalam kondisi perut kosong maka efeknya kadar magnesium dan kalium dalam darah akan menjadi tidak seimbang.

3. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin C dan nutrisi penting lainnya, namun sebaiknya hindari mengonsumsi buah ini dalam jumlah tinggi saat perut masih kosong. Asam tannic yang ada pada tomat dapat meningkatkan keasaman di perut dan menyebabkan masalah lambung.

4. Buah pir dan jeruk

Pir mengandung serat yang berbentuk kasar. Ketika kita mengonsumsinya terlalu banyak saat perut kosong, hal ini dapat memengaruhi selaput lendir yang lembut di organ pencernaan. Sementara itu, buah jeruk terutama yang asam dapat memicu mulas dan masalah pada lambung jika dikonsumsi berlebihan kala perut Anda masih kosong.

5. Teh dan kafein

Hindari mengonsumsi teh, kopi atau minuman berkafein lainnya saat perut masih kosong. Kafein di dalamnya dapat meningkatkan keasaman dan menyebabkan mulas serta gangguan pencernaan sepanjang hari. Kafein berlebihan juga dapat menekan sekresi cairan lambung dan mengurangi asam yang dibutuhkan untuk proses pencernaan makanan.[Detik Health]

(28)

Komentar

komentar

Leave A Comment