Google Maps Offline

google mapsDalam acara Google I/O pada Mei 2015, Google pertama kali menampilkan inovasi baru yaitu Google Maps yang dapat digunakan tanpa akses internet (Offline).

Inovasi Google Maps Offline ini dibuat dengan alasan pihak google melihat bahwa tidak setiap pelosok disuatu daerah pada sebuah negara memiliki akses internet. Karena hal ini, google berinovasi sekaligus memperbaiki versi Google Maps sebelumnya agar dapat digunakan dan membantu setiap pengguna dalam sebuah perjalanan yang membutuhkan peta lokasi.

Dalam penggunaannya Google Maps pertama kali harus mendownload file maps terlebih dahulu dan ini memerlukan akses internet dengan bantuan WiFi. Karena secara default Google Maps Maps Offline akan mengunduh area ke perangkat pengguna ketika dalam koneksi terhubung dengan WiFi.

Dengan Google Maps Offiline, pengguna dapat mengunduh suatu daerah dengan mencari sebuah kota, kabupaten, atau negara, dengan menekan “Download” pada lembar tempat yang disediakan atau dengan pergi ke “Offline Areas” di menu Google Maps dan menekan tombol “+” .

Setelah file Maps  diunduh, maka status akses akan pindah ke modus offline secara otomatis ketika mengenali pengguna berada di lokasi dengan layanan koneksi putus-putus atau tidak ada konektivitas sama sekali.

Ketika sambungan ditemukan, pengguna akan beralih kembali ke modus online sehingga dapat dengan mudah mengakses versi lengkap dari Maps, termasuk kondisi lalu lintas secara live untuk rute pengguna.

Secara bertahap Google Maps Offline ini diluncurkan untuk versi terbaru yang berjalan pada smartphone berbasis Android, sedangkan untuk versi iOS akan segera hadir.

(51)

Komentar

komentar

Leave a Reply