Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Samsung J2 Prime

Permasalahan yang dialami oleh pengguna phonsel J2 Prime banyak yang mengeluh karena kapasitas penyimpanan internalnya yang terbatas hanya 8GB sehingga tidak bisa menginstal banyak aplikasi, jadi apakah bisa menambah kapasitas internal penyimpanan di J2 Prime misalnya dengan cara memindahkan aplikasi ke SD Card di Samsung J2 Prime? Jawabannya adalah bisa, akan tetapi harus memiliki SD Card untuk bisa memindahkan data dari penyimpanan internal phonsel ke SD Card.

Tutorial cara memindahkan aplikasi ke SD Card di Samsung J2 Prime tidak memerlukan akses root. Cara ini hanya memerlukan SD card untuk memindah data. Tetapi tidak semua aplikasi bisa dipindahkan SD Card (aplikasi yang sudah terinclude oleh Samsung).

Pilih atau beli SD Card yang bagus dengan minimal mempunyai kecepatan baca yang cepat (pilih yang class 10). Jangan membeli SD Card yang KW karena yang terjadi malah data tidak akan terbaca.

Jika saat ingin menginstal aplikasi di Playstore di Samsung J2 Prime ada pesan ruang penyimpanan tidak cukup, storage not enough (ruang penyimpanan tidak tersedia) karena ruang penyimpanan internal phonsel kurang maka bisa diatasi dengan cara memindahkan aplikasi ke SD Card di Samsung J2 Prime. Jangan menginstal aplikasi pembersih sampah, karena di Samsung J2 Prime sudah ada aplikasi yang serupa dan hanya membersihkan sampah maupun cache.

Berikut cara memindahkan aplikasi ke SD Card di Samsung J2 Prime:

  • Dari layar menu masuk ke Settings (Pengaturan)
  • Pilih menu Applications (Aplikasi) yang kemudian pilih aplikasi yang ingin di pindahkan ke SD Card sebagai contoh Instagram
  • Pilih Storage (Penyimpanan)
  • Pada Storage used (Penyimpanan yang terpakai) pilih Change (Ubah) dan selanjutnya ubah lokasi penyimpanan ke SD Card.
  • Tunggu proses tranfer file sampai selesai, jangan cabut SD Card atau mematikan ponsel selama proses berjalan

Begitulah cara memindahkan aplikasi ke SD Card di Samsung J2 Prime yang bisa di coba. Mengingat penyimpanan internal J2 Prime yang minim, pengguna J2 Prime lebih baik bijak dalam memilih dan menginstal aplikasi. Install Aplikasi penting dan uninstall aplikasi yang membebani sistem dan aplikasi tidak pernah dipakai.

(8246)

Komentar

komentar

Leave A Comment