Belajar PHP tingkat dasar

Assalamualaikum wr.wb

Pada artikel kali ini saya akan share tutorial tentang Bahasa pemograman PHP,di artikel kali ini saya akan membuat sebuah program “Hello World ! ” yang akan di jalankan di web browser anda, untuk para master mungkin ini sudah tak aneh lagi karena pembuatannya sangatlah mudah sekali, Ok sebelumnya anda harus mengistall dulu Xampp sebagai web server jika anda tidak tau cara mengistall xampp anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang “ Cara install Xampp ”.  Hal pertama yang harus  kita lakukan adalah buka program Xampp control panel dan klik star Apache

.1

 

Jika sudah Running berarti Apache telah berjalan , lalu langkah selanjutnya kita siapkan text editor yang anda miliki, Disini saya menggunakan Dreamwever Text editor favorit saya.

Pada bahasa pemograman PHP struktur awalnya adalah  “ <?php & di akhiri dengan ?> ” Untuk contoh kita buat string PHP “Hello World !” sebagai berikut :

<?php
echo ‘Hello world ! ‘

?>

Setelah itu anda Save dengan extensi file  “.php”  Contoh : [ coba.php ] dan simpan file coba.php di “[drive_anda]/Xampp/htdocs”

2

Lalu untuk melihat hasil cetak dari String di atas kita buka web browser yang kita miliki, dan pada address bar kita ketikan “localhost/coba.php

3

Dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

4

Script PHP di atas akan mencetak “ Hello world !” karena perintah “ echo ” di gunakan untuk mencetak kalimat atau string.

Bagaimana mudah kan belajar PHP ?
untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi “IF ” dalam PHP , pada artikel kali ini saya cukupkan, maaf bila ada penulisan kalimat dan scrip yang salah .

wassalamualaikum wr.wb

(78)

Komentar

komentar