OTT (Over the ToP)

image: medium.com/@iykra

Apa itu OTT ?

Jika kita mendengar OTT seringnya kita mengartikan dengan operasi tangkap tangan, akan tetapi dalam dunia ICT itu berbeda pengertiannya.

OTT yang dimaksud yaitu Over the Top adalah aplikasi atau layanan yang dapat diakses dengan menggunakan internet, dimana layanan internet ini melalui jaringan atau infrastruktur milik operator, akan tetapi tidak secara langsung melibatkan operator.

Layanan OTT ini bisa berupa video, audio, voice, telecommunication, news, conference, data center, cloud services, networking services, games, mobile messaging, dan lainnya.

Kita akan lebih mudah memahami OTT kalau menyebut Google, YouTube, Facebook, Whatsapp, Skype atau layanan seperti Go-Jek, Uber, dan Grab.

OTT juga memiliki kekurangan, yaitu jika bisnis sistem komunikasi berbasis OTT semakin berkembang, maka dapat menjadi salah satu pemicu permasalahan yang bisa membebani jaringan para operator di tahun-tahun mendatang. Hal ini akan terjadi jika para penyedia jasa operator masih mengandalkan jasa tradisional atau menjadi pengantar data yang baik alias dumb pipe.

Sumber :
– A. Robert J Ravi, Regulator Framework on OTT Service, www.itu.int, 05/02/2021
– Suryopratomo, OTT, mediaindonesia.com, 05/02/2021
– Fauzi Cahyo Pratomo, Mengenal Over The Top (OTT) Communication Services dan Pengaturannya di Indonesia, bahasan.id, 05/02/2021

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *