Sistem Operasi PC Buatan Korut yang Mirip Mac OS X

Red Star OS (Chosŏn’gŭl: 붉은별; MR: Pulgŭnbyŏl) merupakan sistem operasi berbasis Linux buatan Korea Utara. Pengembangan sistem operasi ini dimulai pada tahun 2002 di Pusat Komputer Korea dan hingga 2010 telah mencapai versi 3.0. Sistem operasi ini hanya tersedia dalam bahasa Korea yang disesuaikan dengan terminologi dan ejaan yang berlaku di Korea Utara [id.wikipedia.org].

Dikutip dari Business Insider (Kamis 20 April 2017), Will Scott yang merupakan mantan pegawai Google menunjukkan bagaimana sistem operasi Korea Utara itu berjalan. Scott memiliki kesempatan mengunjungi Pyongyang University of Science and Technology. Saat berkunjung di Korea Utara itu, dia membeli salinan Red Star 3 sebelum kembali ke Amerika Serikat.

Korea Utara sebelumnya memakai sistem operasi Windows, tapi sejak mengembangkan Red Star 3, Korea Utara fokus memakai sistem operasi buatan mereka pada jaringan komputer di dalam negeri. Penampilan Red Star 3 mirip dengan sistem operasi MacOS X pada Apple. Sistem operasi versi lama Red Star 3, mirip dengan tampilan dan desain Windows XP. Tapi, sejak Kim Jong-un terlihat menggunakan iMac pada 2013, beberapa meyakini pemimpin utara itu kemudian ingin Red Star 3 dikembangkan mirip sistem operasi Mac Apple tersebut.

(37)

Komentar

komentar

Leave A Comment