Empat Faktor Berpengaruh Dalam Pemasaran

Kegiatan bisnis ada istilah yang dikenal dengan agen pemasaran ataupun ditribusi. Sebuah bisnis dikatakan berjalan dengan baik jika sirkulasi pemasarannya berjalan dengan baik pula. Agar sirkulasi pemasaran tersebut berjalan dengan baik maka diperlukannya jaringan agen pemasaran atau distribusi untuk membantu penjualan produk.

Untuk itu ada beberapa faktor pendukung untuk pemasaran, seperti yang di populerkan oleh McCarthy dengan 4 faktor yang mendukung dalam pemasaran produk yang disebut The Four Ps: product, price, place and promotion[1].

1. Produk
Produk (product) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat, baik berbentuk barang atau jasa yang dapat dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi dan juga dapat dirasakan manfaatnya. Dalam menentukan produk yang akan dijual maka akan dihadapkan pada dua pola yaitu (1)menjual produk yang dibuat sendiri atau (2)menjual produk yang sudah ada.

Jika menjual produk dari hasil buatan sendiri (product oriented) disini kita dituntut untuk pandai mendesain dan berinovasi dalam membuat produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Sedangkan untuk pola kedua yaitu menjual produk yang sudah ada, dan ini kita dituntut memiliki insting yang baik untuk melihat produk yang sedang digandrungi oleh konsumen.

Dari kedua pola tersebut itu tergantung mana yang kita pilih, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan keduanya harus memadukan mana yang cocok dengan permintaan pasar.

2. Harga
Harga (price) yaitu sejumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk membayar sebuah produk yang dibeli atau sebagai pengganti hak milik dari sebuah produk.

Produk yang kita jual harus memiliki nilai, dalam hal ini harga yang pantas dengan produk itu sendiri. Kejelian menentukan harga produk untuk dipasarkan menentukan banyak atau tidaknya konsumen yang minat untuk membeli produk kita dan ini harus dilihat juga dari segmen pasar yang menjadi target penjualan.

3. Tempat
Tempat (place) yaitu sebuah kedudukan yang tidak hanya pada bangunannya saja akan tetapi lokasi strategis untuk kegiatan pembuatan produk dan kegiatan pemasaran.

Setelah produk dan harga ditentukan maka kita memerlukan saluran distribusi untuk penjualan produk. Saluran distribusi ini sangat penting karena tanpa adanya saluran disrtibusi akan sangat sulit untuk menjangkau konsumen. Jika sulit dijangkau oleh konsumen maka produk yang kita jual akan sulit pula untuk laku dijual.

4. Promosi
Promosi (promotion) yaitu berbagai kegiatan yang dilakukan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk yang dimiliki pada pasar sasaran. Sehingga untuk mendatangkan minat konsumen untuk membeli produk yang kita miliki.

Dan setelah ketiga faktor diatas (produk, harga, dan tempat), yang tidak kalah penting yaitu faktor promosi. Kegiatan promosi ini mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk yang kita miliki kepada target pasar untuk menanamkan brand image produk kita. Akan mudah sekali kita memasarkan sesuatu yang akan kita jual jika konsumen telah mengingat dan menyukai brand kita.

Kegiatan promosi ini dapat dilakukan melalui iklan baik dengan televisi, radio, media cetak dan juga melalui internet. Iklan yang dibuat harus kreatif dan menghadirkan ide-ide baru yang segar, sehingga konsumen mudah tertarik dengan produk yang kita jual.

Referensi :

[1]. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM dan Tonny Wangdra, S.Kom, MM. 2010. “Technopreneurship Dalam Perspektif Bisnis Online”. Baduose Media.

(119)

Komentar

komentar

Leave A Comment