Apa itu Internet Of Things (IoT) ?

IoT
Internet Of Things

Apa itu Internet Of Things (IoT) ?

Seperti yang dilansir di teknojurnal. Internet of Things (IoT) adalah sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. Sebetulnya hingga saat ini belum ada pengertian atau definisi standar mengenai Internet of Things, namun secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.

Atau Internet of Things merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif. (wikipedia)

sudah ada beberapa perusahaan yang mengembangkan teknologi tersebut contohnya Intel, Microsoft, dan Oracle, Mereka berlomba lomba untuk mengembangkan teknologi terbaru tersebut. Sebenarnya IOT sudah di perkenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya, Dan sampai sekarang sudah banyak perusahaan yang melirik teknologi tersebut.

Di tahun ini Salah satu perusahaan ternama yaitu Samsung benar-benar membuktikan komitmennya dalam menghadirkan teknologi Internet Of Things di dalam dapur, Samsung memperkenalkan sebuah produk home appliances yaitu “Kulkas Pintar“ Family Hub Refrigerator pada ajang CES 2016. Seperti yang terlansir pada infokomputer, lemari pendingin hasil inovasi Samsung ini tidak hanya berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman, namun juga berguna untuk berbagi informasi dengan keluarga di rumah. Didukung oleh layar 21,5 inci yang menampilkan informasi kondisi kulkas kepada pengguna dimana [un sipengguna berada. Kulkas pintar ini pun akan terhubung dengan smartphone Samsung yang sudah teregisrasi sebelumnya, layar interkatif Hub Refrigerator ini berbasis platform Tizen, Bukan berbasis Android.

Untuk lebih jelasnya tentang Internet Of Things, mungkin dapat melihat video dibawah ini.

(114)

Komentar

komentar

Leave A Comment