Skip to main content

Learning and Sharing

Belajar dari Henry Jufri, Kuli Panggul Peraup Dolar di Google Play Store

Henry JufriKeberhasilannya mendapat penghasilan US$ 1oo0 lebih per bulan dari Google Play Store mengundang decak kagum para netizen. Karena keberhasilannya itu ayah dari dua orang anak ini bernama Henry Jufri mulai ramai diperbincangkan para netizen.

Henry Jufri meraup penghasilan dolar ini dengan menjadi pengembang aplikasi smartphone yang berbasis sistem operasi android. Untuk mendapatkan penghasil itu tidak mendapatnya begitu saja akan tetapi melalui proses yang tidak instan, karena menjadi pengembang aplikasi tidaklah mudah. Awalnya, Henry bahkan tidak memiliki fasilitas untuk mendevelop (komputer). Karena ia mengaku serius ingin belajar, ia lantas membeli laptop bekas seharga Rp 800 ribu. Tapi disayangkan, laptop yang dibelinya ternyata tidak mumpuni dan tak memiliki spesifikasi yang cukup untuk membuat aplikasi.

Tekat dan keinginannya yang kuat, ia memberanikan diri meminjam sejumlah uang kepada keluarganya untuk membeli sebuah laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup untuk membuat aplikasi. Selain itu, ia juga menyiapkan dana untuk mendaftar akun di google play store, yang saat itu sekitar Rp. 300 ribu untuk mengpublish aplikasi-aplikasi yang dibuatnya.

Setelah memiliki akun di google play store, Henry pun memulai membuat berbagai aplikasi, dari sekian banyak aplikasi yang dibuatnya. Sekitar sepuluh aplikasi yang mendatangkan penghasilan. Kesepuluh aplikasi inilah yang paling banyak diunduh orang. Walhasil penghasilan Henry pun merambat naik, dari semula hanya US$ 100 per bulan hingga mencapai US$ 1.200 saat ini. “Saya awalnya sempat putus asa. Tapi memang dibutuhkan kerja keras, pengorbanan, kesabaran, dan fokus,” katanya (tekno.tempo.co).

Dari perjalanan Henry ini bisa diambil pelajaran, dengan kerja keras, pengorbanan, kesabaran, dan fokus. Maka, setiap orang akan mendapatkan apa yang ingin dicapainnya, karena Allah akan mengubah suatu kaum selama dirinya ingin berubah.