Skip to main content

Learning and Sharing

Sistem Operasi Mobile Berbasis Linux

Seperti yang sekarang ini kita ketahui untuk sistem operasi yang berjalan di mobile tepatnya smartphone banyak didominasi oleh Android, yang dimana Android ini sistem operasi berbasis linux dan ternyata bukan hanya Android saja, beberapa pengembang telah mengembangkan sistem operasi untuk berjalan di mobile. Berikut beberapa sistem operasi yang berjalan di mobile berbasis linux:

Firefox OS

Firefox OS

Mozilla yang terkenal dengan perambannya Firefox, juga ikut serta dalam menghadirkan sistem operasi mobile dengan nama Firefox OS. Firefox OS dibuat menggunakan standar web terbuka yang terdiri dari HTML, CSS, dan Javascript, dengan ini Mozilla berharap akan mudah memasuki pasar sistem operasi mobile dimana banyak pengembang yang sudah familiar dengan konsep ini. Saat ini  ada 4 nama besar perusahaan yang sudah memproduksi perangkat Firefox OS, diantaranya Alcatel, Huawei, LG, dan ZTE.

  Ubuntu Touch

Ubuntu Touch

Selama ini sistem operasi Ubuntu ini dikenal untuk penggunaan PC dan laptop. Sekarang Ubuntu menghadirkan smartphone buatan mereka dengan nama Ubuntu Phone. Sedangkan sistem operasi yang digunakannya bernama Ubuntu Touch. Canonical pertama kali meluncurkan Ubuntu Touch versi 1.0 pada 17 Oktober 2013 berbarengan dengan Ubuntu 13.10. Meski telah lama hadir, namun keberadaan smartphone berbasis Ubuntu Touch masih belum diketahui kehadirannya. Nampaknya, Canonical, sebagai pengembang Ubuntu Touch sedang membangun terlebih dahulu dukungan aplikasi yang bakal dihadirkan melalui store-nya.

Samsung Tizen

Tizen

Jika sebelumnya Samsung pernah gagal dengan sistem operasi Bada, kini Samsung kembali menghadirkan sistem operasi mobile yaitu Tizen. Tizen merupakan hasil kolaborasi antara Samsung dengan Intel yang dulunya juga pernah membuat sistem MeeGo yang juga mengajak Nokia untuk mengembangkan bersama-sama. Proyek Tizen berada dalam Linux Foundation dan diatur oleh Kelompok Pengarah Teknis. Untuk pengembang aplikasi dan ISV, Tizen menawarkan kekuatan pengembangan aplikasi asli dengan fleksibilitas dukungan HTML5. Tizen juga menawarkan potensi untuk pengembang aplikasi untuk memperluas jangkauan mereka ke yang baru perangkat pintarmenjalankan Tizen, termasuk Produk pakaian, elektronik konsumen (TV, konsol game, DVR, dll), mobil dan peralatan. The Tizen Association telah dibentuk untuk memandu peran industri Tizen, termasuk pengumpulan persyaratan, identifikasi dan fasilitasi model layanan, dan pemasaran industri secara keseluruhan dan dalam pendidikan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *