Dua Manfaat Bangun Pagi

bangun-pagi

Tidur adalah kata yang sangat enak didengar ketika badan terasa lelah, bahkan jauh lebih enak kalau tidak hanya di dengar tapi juga dilakukan. Mungkin jika dilakukan survei kepada beberapa orang, banyak yang setuju kalau tidur menjadi kebutuhan yang harus dilaksanakan ketika lelah dan mengantuk. Dari pengalaman penulis, tidur yang nyenyak menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Walau tidur menjadi wisata tubuh untuk bersantai, tidur juga tidak boleh terlalu berlebihan apa lagi kebablasan. Karna tidur yang berlebihan sampai menghabiskan waktu dalam sehari untuk tidur tidaklah memberikan keuntungan untuk tubuh kita, nyatanya dalam beberapa kasus banyak yang merasa badannya menjadi lemas ketika tidur terlalu lama. Karna itulah ketika kita tidur di malam hari kita harus membatasi waktu tidur, jangan sampai waktu bangun tidur kita kalah dengan ayam tetangga. Nah.. dalam kesempatan ini saya akan akan membahas dua manfaat bangun di pagi hari.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan bangun di pagi hari, seperti yang terlansir di web Manfaat.com . Namun dalam kesempatan kali ini saya akan membahas dua manfaat yang akan kita dapatkan saat bangun pagi.

Sebelumnya terlebih dahulu kita pahami apa yang dimaksud dengan bangun pagi ?, Bangun pagi adalah bangun di pagi hari, sebelum sinar matahari terbit di ufuk timur. Atau bangun tidur diantara jam setengah empat, lima dan jam setengah enam.

Cekidot Langsung saja kita bahas dua manfaat itu :

  1. Manfaat untuk kesehatan

Tidak perlu diragukan lagi, pagi hari memiliki kualitas udara yang baik. Hal ini berdampak juga untuk kesehatan kita, para ahli berpendapat bahwa udara pagi hari yang minim tingkat polusinya dapat meningkatkan kerja otak kita, memperlancar peredaran darah kita dan menjauhkan kita dari penyakit paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara. Paparan sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan kulit dan tulang kita. Karena rutinitas yang hampir menyita semua waktu yang kita punya sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga sebelum memulai aktivitas. Bagi para pembaca yang mungkin sering merasakan badan yang kurang sehat mungkin bangun pagi akan menjadi obat alami yang dapat memberikan sedikit kesembuhan dari penyakit yang di alami.

  1. Waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan memotivasi diri

Sebelum memulai hari, ada baiknya kita mulai dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Pagi hari adalah waktu yang efektif untuk beribadah kepada Tuhan. Di saat semua orang terlelap dalam tidurnya, kita sudah bangun untuk menyembah Tuhan. Meminta kepada-Nya untuk menyertai dan memberkati semua hal yang kita lakukan agar mendapatkan keberhasilan dan kebaikan untuk kita dan orang di sekitar kita. Baru setelah itu kita memotivasi diri kita. Motivasi tidak dapat bertahan lama karena manusia sangat mudah untuk melupakan motivasi yang diberikan. Oleh karena itu, setiap hari kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri dengan mengulang kembali kata-kata motivasi yang pernah kita dengarkan agar semangat kita kembali diperbarui lagi.

Dari dua manfaat di atas maka sudah tidak ada hal yang perlu di tahan-tahan untuk bangun pagi, walau terkadang gravitasi Kasur sangat terasa menarik badan hingga tak sanggup bangkit sedikit pun dari tempat tidur :D.

 

:: Rahmat

Sumber : Keluarga.com dan Manfaat.com
Sumber gambar : portalkesehatan.com

 

 

(80)

Komentar

komentar

Leave A Comment